IDR
  • IDR
  • USD

Ahlan wa sahlan!

Tips Memulai Hijab Syar'i Bagi Pemula

Tips Memulai Hijab Syar'i Bagi Pemula

Memulai mengenakan hijab syar’i bagi beberapa muslimah memang merupakan tantangan tersendiri karena rasa khawatir akan pandangan orang-orang di sekitar. Apalagi bila yang bersangkutan tinggal di lingkungan yang kurang mendukung untuk menutup aurat secara syar’i. Sesungguhnya berhijab syar’i dapat diartikan dengan menutup aurat dengan cara-cara sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Al –Quran serta hadist. Berikut ini adalah beberapa  tips memulai hijab syar'i yang mungkin dapat membantu Anda.

Tips memulai hijab syar'i: memulai dengan persiapan mental

Tentu saja Anda harus memulai dari diri-sendiri untuk berhijab syar’i dengan memahami sepenuhnya apa dasar dalam berhijab  ini dan apa tujuannya. Dalam QS. Al Ahzab: 59 Allah  SWT berfirman,

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab : 59)

Ayat tersebut bisa menjadi pedoman yang akan memperkuat tekad Anda bila masih merasa bimbang. Setelah memantapkan hati lanjutkan dengan beberapa hal berikut ini.

Mengikuti kajian

Jangan bosan menuntut ilmu agama dengan mengikuti kajian-kajian kerohanian yang mengulas berbagai  macam hal dalam kehidupan sesuai ketentuan yang mendapat ridha Allah SWT. Di dalam kajian tersebut Anda akan mendapatkan semakin banyak pelajaran terkait hijab misalnya tentang hukum mengenakan hijab syar’i, hikmah untuk muslimah dengan berhijab, kewajiban untuk menutup aurat, dan lain-lain.

Perlu diketahui bahwa mengenakan hijab akan membuat hati kita menjadi lebih tenang dan tentram serta merasa selalu dekat dengan Sang Maha Pencipta. Alasannya tentu saja karena keikhlasan untuk menjalankan perintah Allah yang akan menimbulkan rasa nyaman di hati, bebas dari perasaan bersalah karena telah berupaya seoptimal mungkin untuk meraih ridha-Nya. 

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari mengikuti kajian adalah Anda dapat memperluas pergaulan karena di sana dapat berkenalan dengan saudara-saudara sesama muslimah yang juga berniat menuntut ilmu. Bersaudara karena Allah SWT tentunya akan mendatangkan banyak sekali rahmat serta ridha-Nya. Teman-teman baru ini mungkin saja di masa depan akan menjadi wasilah untuk kita misalnya berkaitan dengan rezeki, amal perbuatan, dan sebagainya.

Bergabung dalam komunitas

Salah satu cara memulai hijab syar'i adalah bergabung dalam komunitas yang dapat memberi support akan perubahan gaya hidup yang bagi beberapa orang terlihat ekstrem ini. Dalam komunitas ini Anda bisa bertemu dengan para muslimah yang telah lebih dahulu meretas jalan ini. Dari mereka Anda bisa berbagai rasa, bertanya bagaimana mereka menghadapi tantangan dalam hijrah, juga bila yang bersangkutan tak keberatan Anda juga bisa menanyakan perjalanan mereka hingga memutuskan untuk berhijab.

Pengalaman mereka ini sedikit banyak akan membantu Anda menghadapi orang-orang terkasih yang mungkin kurang setuju atas keputusan Anda ini dengan berbagai alasan. Kebanyakan orangtua atau saudara merasa keberatan dengan alasan khawatir sulit mendapat pekerjaan, berat jodoh, takut mendapat prasangka buruk dari tetangga , dan lain-lain. Komunitas akan membantu memantapkan hati kita untuk segera memulai berhijab syar’i.

Banyak membaca buku yang berkaitan dengan hijab

Menambah ilmu tentang berhijab syar’i tidak hanya dapat diperoleh dari kegiatan kajian tapi juga dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan aurat wanita. Niatkan dan kuatkan tekad untuk  berhijab sesuai dengan ketentuan Allah maka Yang Maha Kuasa akan memberi pertolongan untuk menyelesaikan seluruh permasalahan yang menghadang.

Sesuai dengan firman Allah dalam kitab suci Al Quran berhijab akan membuat wanita muslimah mudah dikenali serta lebih aman dari gangguan. Ketahui pula apa balasan yang akan diterima bagi muslimah yang bersedia bersabar untuk menjalankan perintah Allah dengan berhijab baik di dunia maupun di akhirat.

Tips memulai hijab syar'i untuk muslimah modern

Sebenarnya Anda tak perlu terlalu khawatir untuk mengubah penampilan menjadi lebih syar’i karena di zaman sekarang ini tersedia pilihan fashion yang semakin luas bagi muslimah. Tanah air kita bahkan dikenal sebagai salah satu trendsetter fashion hijab yang turut mempengaruhi trend pakaian wanita muslimah di dunia. Agar tetap tampil trendy walaupun tertutup dan syar’i beberapa inspirasi fashion berikut mungkin bisa membantu Anda.

  • Jumpsuit
    Jumpsuit longgar berlengan pendek dapat ditambah dengan outer yang longgar untuk menutup lengan. Berikutnya adalah memadukannya dengan jilbab yang menutup dada dengan warna yang senada dengan tone outer Anda.
  • Sneakers
    Tak perlu menyingkirkan koleksi sepatu sneakers atau kets Anda saat mulai berhijab syar’i karena alas kaki yang super nyaman ini dapat dipadukan dengan pakaian bertema casual. Rok longgar berwarna hitam, atau bawahan yang merupakan paduan rok dan celana ditambah atasan berwarna pastel plus jilbab yang senada pasti membuat Anda lebih nyaman beraktivitas sehari-hari.
  • Kulot
    Celana gombrong atau kulot saat ini memang sedang ‘in’ dan bagi wanita berhijab juga cocok sekali karena saat dikenakan tidak ketat membungkus kaki. Anda pun dapat mengenakannya dengan nyaman. Sebagai atasannya Anda bisa memilih blouse yang longgar atau bisa juga atasan berlengan pendek yang diberi lapisan outer panjang. Jangan lupa memilih jilbab yang menutup dada dengan warna serasi.
  • Dress
    Inilah pilihan outfit yang cocok untuk menghadiri  acara formal atau pesta. Untuk acara pesta sebaiknya memilih dress dengan tampilan yang sedikit glamor, misalnya pilihan bahan yang sedikit mengkilap. Sebagai alas kaki Anda bisa memilih flat shoes dengan warna netral, high heels, selop, atau wedges. Jangan lupa menambahkan clutch  sebagai pelengkap.
  • Jeans
    Pakaian dari bahan denim yang lembut atau soft jeans, misalnya rok jeans yang longgar juga bisa menjadi alternatif untuk menemani Anda pada momen-momen santai. Tambahkan alas kaki model slip on untuk memperkuat tampilan casual.

Bagaimana? Tidak sulit, bukan, untuk menerapkan cara memulai hijab syar'i di atas? Berikutnya Anda juga perlu mengetahui bagaimana prinsip berhijab syar’i sebagaimana yang ditentukan oleh syariat.

  1. Untuk menutup rambut Anda harus mengenakan jilbab yang tidak transparan lalu terulur hingga menutup dada dan bahu. Bagian belakang jilbab tidak boleh terlalu tinggi atau sering dikatakan menyerupai punuk unta.
  2. Hindari mengenakan model hijab yang sangat menyolok atau dengan motif yang terlalu ramai sehingga menarik perhatian.
  3. Pakaian yang dikenakan harus longgar, tidak transparan, dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda adalah gamis, dress terusan, atau setelan atasan dan bawahan seperti rok dan blouse, juga kulot dan atasan yang longgar.
  4. Jangan lupa memakai kaos kaki karena kaki termasuk aurat yang harus ditutup.
  5. Legging berfungsi sebagai dalaman atau inner saja dan bukan untuk dikenakan di luar.

Nah, semoga tips memulai hijab syar'i pada ulasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Loading...