Cara Mudah Mencegah Rambut Rusak Pada Wanita Berhijab

Cara Mudah Mencegah Rambut Rusak Pada Wanita Berhijab 1

Wanita berhijab kerap mengalami permasalahan pada kulit kepala dan rambutnya karena terus tertutup sepanjang hari. Kerusakan yang paling banyak dikeluhkan adalah ketombe dan kerontokan rambut yang cukup parah. Rambut semua orang setiap hari memang akan mengalami kerontokan dengan jumlah sekitar 100 helai, dan bila lebih dari itu dapat dikatakan yang bersangkutan mengalami masalah. Bagi Anda yang mengenakan jilbab simak ulasan tentang mencegah rambut rusak pada wanita berhijab berikut ini.

Mengatasi sekaligus mencegah rambut rusak pada wanita berhijab

Sebelum membahas tips ampuh untuk mengatasi kerusakan pada mahkota para wanita berhijab, inilah beberapa penyebabnya yang perlu Anda ketahui.

  • Penggunaan sampo yang salah.
  • Terlalu sering atau jarang mencuci rambut.
  • Menutup rambut yang masih basah dengan hijab.
  • Jarang mengurai rambut.
  • Masalah psikis seperti kecemasan, stress, dan depresi.

Bagi Anda yang mengalami masalah kerusakan serta kerontokan rambut jangan khawatir dulu karena ada beberapa solusi mengatasi rambut rusak pada wanita berhijab yang dapat Anda coba berikut ini.

  1. Cucilah rambut secara teratur terutama setelah berolahraga. Untuk jenis kulit kepala berminyak keramaslah 3 kali seminggu, dan untuk jenis kulit kepala normal bisa 1 atau 2 seminggu tergantung aktivitas Anda.
  2. Pakai sisir berbahan kayu serta bergigi jarang untuk merapikan rambut sambil memijat-mijat kulit kepala untuk melancarkan peredaran darah.
  3. Pilih karet rambut dari bahan kain yang lembut dan jangan mengikat rambut terus-menerus sepanjang hari. Saat tidur sebaiknya rambut diurai.
  4. Setelah keramas keringkan rambut  sampai benar-benar kering baru mengenakan hijab. Mengenakan hijab pada rambut yang basah bisa memicu ketombe yang membuat kulit kepala Anda gatal.
  5. Tambahkan makanan yang mengandung vitamin E, C, serta zinc yang membantu menjaga kesehatan rambut.
  6. Lakukan perawatan tradisional untuk mengatasi sekaligus  mencegah rambut rusak pada wanita berhijab dengan bahan-bahan seperti lidah buaya, urang-aring, daun mangkokan, daun mint, dan sejenisnya. Berikut ini resepnya.

Daun urang-aring

Urang-aring mempunyai khasiat untuk menyuburkan serta mengkilapkan rambut Anda. Daun urang-aring juga merupakan conditioner alami yang dapat melembutkan rambut. Ambil segenggam daun urang-aring lalu lumatkan, tambahkan sedikit air kemudian diaduk sampai rata. Saring ramuan dan Anda akan mendapatkan cairan berwarna hijau kehitaman. Cuci rambut sampai bersih lalu diangin-anginkan hingga setengah kering, lalu gunakan kuas untuk mengoleskan ramuan ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama 20 menit lalu dibilas sampai bersih.

Lidah buaya

Lendir lidah buaya mempunyai kandungan vitamin C serta E yang dapat membantu mengatasi rambut rusak serta memelihara kesehatan rambut serta kulit kepala. Untuk membuat masker lidah buaya, ambil lendir lidah buaya dan dilumatkan hingga agar tidak menggumpal. Anda bisa menambahkan sedikit perasan perasan lemon atau satu sendok madu.

Cuci rambut hingga bersih terlebih dahulu lalu oleskan ramuan ke seluruh kulit kepala dan rambut. Bungkus kepala dengan handuk atau shower cap dan diamkan selama 20 menit. Setelah itu bilas rambut dengan air tanpa menambahkan sampo lagi hingga seluruh ramuan terbilas bersih.

Cabe rawit

Dibandingkan jeruk kandungan vitamin C pada cabe rawit ternyata lebih banyak sehingga bahan alami ini dapat digunakan untuk merawat rambut Anda. Masker cabe rawit dapat menutrisi akar serta batang rambut serta mengatasi kerontokan rambut. Jangan menggunakan cabe rawit terlalu banyak untuk perawatan ini.

Campurkan minyak zaitun secukupnya pada cabe rawit yang telah dilumatkan lalu diaduk sampai merata. Keramaslah terlebih dahulu hingga rambut dan kulit kepala bebas dari debu dan keringat setelah itu oleskan masker ke seluruh bagian rambut hingga merata. Pijat kulit kepala selama 10 menit dan segera bilas dengan air sampai bersih.

Nah, selamat mencoba cara mencegah rambut rusak pada wanita berhijab ini.

Follow on instagram

Error validating access token: The session has been invalidated because the user changed their password or Facebook has changed the session for security reasons.

Tinggalkan Balasan