fbpx

Pengertian Hijab Syar’i dan Ketentuannya Sesuai Syariat Islam

Dalam dunia fashion muslim di tanah air, ada beberapa istilah yang kita kenal terkait dengan hijab. Di antaranya adalah hijab, kerudung, khimar, maupun jilbab. Kemudian, belakangan istilah hijab syar’i juga semakin populer. Sebelum membahas tentang hijab yang sesuai dengan syariat Islam, ada baiknya kita mengulas sedikit tentang pengertian hijab syari’i, kerudung, maupun jilbab menurut berbagai sumber.

Pengertian Hijab Syar’i, Kerudung, dan Jilbab

Jilbab

Istilah pertama yang paling umum digunakan di Indonesia adalah jilbab. Apa itu jilbab? Sebenarnya, ada beberapa pendapat para ulama terkait pengertian jilbab. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Menurut As-Sindi, jilbab diartikan sebagai kain yang dikenakan seorang perempuan untuk menutup kepala, dada maupun punggung saat akan keluar rumah.
  • Menurut Ibnu Rajab, Al-Albani, dan Al-Baghawi, jilbab merupakan kain penutup tubuh dari kepala hingga kaki yang dikenakan sebagai lapisan luar pakaian. Dalam hal ini, penggunaan jilbab hampir sama dengan jas hujan.
  • Dalam bahasa arab, jilbab berarti pakaian panjang dan longgar untuk menutup tubuh wanita, kecuali bagian yang dikecualikan, yakni wajah dan telapak tangan.

Nah, dari beberapa definis di atas, jilbab tidak hanya diartikan sebagain kain segi empat penutup kepala, melainkan penutup seluruh tubuh. Selain itu, ketentuan mengenakan jilbab bagi wanita adalah saat akan keluar rumah dan saat berada di rumah jika di sana ada seorang pria yang bukan muhrimnya.

Hijab Syar’i

Di Indonesia, istilah hijab syar’I dimaknai hampir sama dengan jilbab namun ukurannya lebih lebar dan lebih menutupi. Namun sebenarnya, ada sedikit perbedaan pengertian hijab Syar’i dengan jilbab. Dalam bahasa Arab, hijab berarti penghalang, tabir, maupun penutup. Maknanya lebih umum dan menyeluruh. Sementara itu, hijab syar’i adalah cara berpakaian seorang muslimah yang baik dan sesuai dengan syariat Islam.

Kerudung dan Khimar

Istilah kerudung dan khimar sebenarnya sama. Kerudung adalah istilah bahasa Indonesia. Kerudung diartikan sebagai penutup kepala, leher, hingga dada. Di Indonesia, istilah ini juga dimaknai sama dengan jilbab. Namun sebenarnya, istilah kerudung lebih sempit maknanya, karena hanya mengacu kepada penutup kepala hingga dada. Sementara itu, jilbab mengacu kepada penutup seluruh tubuh.

Dari beberapa definisi di atas, bisa disimpulkan bahwa Hijab Syar’i adalah istilah yang lebih universal untuk menggambarkan bagaimana seorang wanita muslimah hendaknya berbusana, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Ketentuan Hijab Syar’i Menurut Syariat Islam

Mengenakan hijab adalah suatu kewajiban bagi seorang wanita muslimah. Sebenarnya, ketentuan busana seorang muslim dan muslimah telah diatur dalam Al-Qur’an maupun hadits. Lalu, seperti apa sebenarnya hijab yang sesuai Syariat Islam? Agar tidak keliru dalam memilih busana yang akan anda kenakan sehari-hari, ada baiknya kita simak dulu beberapa syarat hijab syar’i menurut ajaran agama Islam.

Menutupi Seluruh Aurat

Seperti dibahas pada bagian pengertian Hijab Syar’i di atas, busana seorang wanita hendaknya menutup seluruh aurat atau anggota badan, selain bagian yang dikecualikan, yakni tangan dan muka. Surat An-Nur ayat 31 secara jelas menegaskan kaum wanita diwajibkan menutupkan kain kerudung ke dadanya. Dalam ayat ini, kerudung yang dimaksud adalah khimar.

Jadi, jilbab atau khimar yang sesuai syari’at Islam hendaknya menutupi dadanya secara sempurna. Jilbab atau kerudung pendek yang selama ini kita lihat di pasaran hanya menutupi bagian kepala dan leher, namun tidak menutupi bagian dada. Dengan kata lain, jilbab pendek belum memenuhi kaidah hijab yang sesungguhnya.

Hijab Bukan Perhiasan

Mungkin, banyak muslimah yang mengenakan busana hijab syar’i sebagai bagian dari fashion style atau bahkan untuk menarik perhatian lawan jenis. Ini bukanlah tujuan hijab yang sebenrnya. Pakaian tidak bertujuan menarik simpati siapapun. Sebaliknya, hijab berfungsi melindungi diri kaum Hawa dari kemaksiatan dan godaan kaum laki-laki. 

Masih dalam surat An-Nur ayat 31, disebutkan bahwa tidak diperbolehkan menampakkan perhiasan kecuali kepada muhrimnya. Kata zinaah atau perhiasan diartikan dalam dua makna, yakni perhiasan yang melekat pada diri seorang wanita, yakni wajah, bibir, kulit, maupun auratnya secara keseluruhan. Makna kedua adalah perhiasan dalam arti yang sesungguhnya, yakni perhiasan yang dikenakan seorang wanita untuk mempercantik jasmaninya.

Bisa disimpulkan bahwa hijab justru berfungsi menyembunyikan perhiasan, bukan sebagai perhaiasan. Hijab tidak dikenakan untuk menarik simpati atau pujian orang lain. Sebaliknya, hijab melindungi seorang muslimah dari itu semua.

Berbahan Tebal

Pernah melihat seorang wanita mengenakan busana panjang namun nerawang? Artinya, wanita tersebut belum berhijab. Tujuan dari hijab yang sesungguhnya adalah agar terhindar dari kemaksiatan dan godaan kaum Adam. Jika busana yang anda kenakan menerawang, anda justru akan menjadi pusat perhatian, dan laki-laki juga akan termotivasi untuk menggoda anda. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Muslim, Rasulullah bersabda:

“Ada dua golongan dari ahli neraka yang siksanya belum pernah saya lihat sebelumnya, (1) kaum yang membawa cambuk seperti ekor sapi yang digunakan memukul orang (ialah penguasa yang zhalim) (2) wanita yang berpakaian tapi telanjang, yang selalu maksiat dan menarik orang lain untuk berbuat maksiat. Rambutnya sebesar punuk unta. Mereka tidak akan masuk surga, bahkan tidak akan mencium wanginya, padahal bau surga itu tercium sejauh perjalanan yang amat panjang”
(HR. Muslim)

Berdasarkan hadits di atas, Rasulullah SAW menyampaikan bahwa wanita yang berpakaian tipis dan menerawang sama saja dengan telanjang,. Wanita dengan busana seperti ini adalah salah satu ahli neraka. Jadi, bisa disimpulkan bahwa ketentuan hijab syar’i yang sesuai syariat Islam adalah busana yang tepat dan tidak transparan.

Longgar

Satu lagi ketentuan hijab yang sesuai syariat Islam adalah tidak menonjolkan lekuk tubuh. Busana yang dalam dan panjang sekalipun dapat mengundang laki-laki berbuat maksiat jika ukurannya sempit dan melekat di tubuh. Sekali lagi, hijab berfungsi sebagai pelindung dari perbuatan maksiat. Jadi, kenakanlah pakaian yang tebal dan longgar agar anda terlindungi.

Beberapa ulama berpendapat bahwa hijab hendaknya dibuat selonggar mungkin sehingga menutupi lekuk tubuh. Seperti dikutip di beberapa media online, Syaikh Ibu Jibriin bahkan berpendapat bahwa busana seorang wanita hendaknya muat untuk dua orang.

Tidak Menyerupai Laki-Laki

Larangan bagi kaum Hawa untuk mengenakan busana yang membuatnya terlihat seperti laki-laki terlihat dalam berbagai hadits. Para ulama meriwayatkan bahwa Rasulullah melaknat setiap wanita yang penampilannya menyerupai laki-laki, maupun sebaliknya, laki-laki yang penampilannya menyerupai perempuan.

Jadi, tidak ada istilah tomboy dalam syariat Islam. Wanita harus berbusana sesuai kodratnya, yakni busana muslimah yang longgar dan menutupi auratnya dengan sempurna. Rasulullah bersabda dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad:

“Tidak masuk golongan kami para wanita yang menyerupai diri dengan kaum pria dan kaum pria yang menyerupai diri dengan kaum wanita”
(HR. Ahmad)

Jadi, prinsip utama hijab syar’i adalah menempatkan wanita sesuai kodratnya. Wanita muslimah tidak semestinya berbusana dan bertindak kelaki-lakian, apalagi menyerupakan dirinya dengan kaum laki-laki.

Tanpa Wewangian

Satu lagi ketentuan hijab syar’i adalah tidak diberi weweangian. Aroma wangi akan menarik perhatian, termasuk lawan jenis. Memang, sebagian wanita mengenakan parfum agar lebih percaya diri dan agar aroma badannya tidak keluar. Namun senga atau tidak, wewangian yang menempel pada busana anda akan menarik perhatian orang lain. Bahkan Rasulullah menyamakan perbuatan menarik perhatian lawan jenis melalui wewangian sama dengan zina, seperti terlihat pada hadits berikut:

“Siapapun perempuan yang memakai wewangian. Lalu Ia melewati kaum laki-laki agar Ia menghirug wanginya, maka Ia sudah berzina”
(HR. An-Nasa’i)

Jadi, apakah anda masih meragukan seperti apa hendaknya busana seorang wanita Muslimah?  Fungsi Hijab Syar’i adalah sebagai pelindung dari perbuatan maksiat. Jadi, beberapa kriteria di atas hendaknya menjadi pertimbangan anda dalam memilih busana. Jika anda sudah siap dan ingin menggunakan hijab syar’i anda bisa mulai dengan membaca artikel ini: Tips Memulai Hijab Syar’i Bagi Pemula

Follow on instagram

5. Jangan ikat rambut terlalu kencangKadang, kita tidak menyadari fakta bahwa untuk menjaga rambut kita tetap rapi tanpa ada cuatan rambut di sana-sini, kita mengikat rambut begitu keras sampai kaku. Hindari melakukan hal ini. Selalu lebih baik untuk menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut rontok. Satu hal yang perlu diingat: selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.6. Gerai rambut sesekaliMengenakan jilbab tidak berarti Anda selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.7. Potong rambutCobalah untuk memangkas rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang. Pastikan untuk memotongnya secara teratur untuk membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat.8. Pilih bahan hijab yang bersahabat dengan kulitWajib bagi setiap wanita memahami kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. Cobalah untuk menggunakan kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara.
Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut Anda dan akan memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala Anda sambil sekaligus tetap menjaga rambut Anda tertutup. Jika Anda lebih suka kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut Anda dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut.
.Semoga tips2 diatas berguna ya untuk merawat rambut kita tetap indah.
.
Sumber: hellosehat
.
#dailytips #alhigam #tipsharian #tipsrambutsehat
5. Jangan ikat rambut terlalu kencangKadang, kita tidak menyadari fakta bahwa untuk menjaga rambut kita tetap rapi tanpa ada cuatan rambut di sana-sini, kita mengikat rambut begitu keras sampai kaku. Hindari melakukan hal ini. Selalu lebih baik untuk menatanya dalam ikat kuda atau cepolan longgar di bawah jilbab. Helai rambut akan bisa melemah jika mereka ditarik erat, menyebabkan rambut rontok. Satu hal yang perlu diingat: selalu mencoba untuk mengubah belahan rambut dari waktu ke waktu untuk mencegah garis tepi rambut Anda menipis dan rontok.6. Gerai rambut sesekaliMengenakan jilbab tidak berarti Anda selamanya mengekang rambut dalam ikatan dan penutup rambut. Walaupun kesempatannya akan jauh lebih sedikit daripada mereka yang tidak berhijab, jangan lupa untuk sesekali melepas ikatan rambut dan biarkan rambut tergerai bebas saat di rumah atau di kamar. Setelah melepas ikatan rambut, sisir dan pijat-pijat kepala untuk melancarkan sirkulasi darah.7. Potong rambutCobalah untuk memangkas rambut secara teratur (setiap 4-6 minggu sekali sangat dianjurkan) untuk menyingkirkan ujung-ujung yang kering dan bercabang. Pastikan untuk memotongnya secara teratur untuk membiarkannya tetap tumbuh dengan sehat.8. Pilih bahan hijab yang bersahabat dengan kulitWajib bagi setiap wanita memahami kain apa yang harus ia gunakan untuk hijabnya. Cobalah untuk menggunakan kain yang ramah kulit yang memiliki jalur keluar-masuk udara. Jika memungkinkan, cobalah untuk memakai serat alami yang ringan. Bahan alami yang lembut pada rambut Anda dan akan memungkinkan rambut Anda untuk bernapas lebih baik. Kain chiffon atau katun, misalnya. Hijab katun akan memberikan lebih bayak udara ke kulit kepala Anda sambil sekaligus tetap menjaga rambut Anda tertutup. Jika Anda lebih suka kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut Anda dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut. .Semoga tips2 diatas berguna ya untuk merawat rambut kita tetap indah. . Sumber: hellosehat . #dailytips #alhigam #tipsharian #tipsrambutsehat
TIPS MEMILIKI RAMBUT SEHATMerawat keindahan rambut sangatlah penting, apalagi meski ditutup dengan hijab, ada yang mengeluhkan rambut jd lepek, rambut jd cepat rontok, mudah ketombean, dll.Nah berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut kita ya:
1. Sebelum mandi, sisir dulu rambut AndaSisir rambut Anda dengan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok.
Sisir rambut Anda juga membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala Anda.2. Gunakan shampo khusus kulit kepala sensitif/rambut rusak atau non-kondisionerRambut berhijab cenderung berminyak dan lembap. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok.
Juga, ingat untuk tidak menggunakan shampo dan kondisioner setiap hari. Adalah lebih baik jika Anda menggunakannya berselang hari.3. Masker rambut adalah sahabat AndaCoba untuk deep-moisturise rambut Anda dengan minyak rambut bervitamin seminggu sekali. Oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut Anda tumbuh lebih baik.
Atau untuk leboh mudah, anda dapat melakukan hair spa di salon muslimah.4. Biarkan rambut sepenuhnya kering sebelum memakai jilbabKondisi rambut dan kulit kepala yang lembab cenderung menimbulkan ketombe. Jadi sebaiknya keringkan sebelum pakai jilbab.
Bila perlu menggunakan hair dryer, sebaiknya setel dg suhu terendah
#bersambung
#dailytips #tipsrambutsehat #alhigam #tipsharian
TIPS MEMILIKI RAMBUT SEHATMerawat keindahan rambut sangatlah penting, apalagi meski ditutup dengan hijab, ada yang mengeluhkan rambut jd lepek, rambut jd cepat rontok, mudah ketombean, dll.Nah berikut beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut kita ya: 1. Sebelum mandi, sisir dulu rambut AndaSisir rambut Anda dengan wide-tooth comb (sisir bergerigi jarang dan lebar dengan bentuk pipih tipis) untuk meluruskan kembali rambut yang kusut. Menyisir rambut sebelum mandi adalah langkah awal yang baik untuk menghindari rambut rontok. Sisir rambut Anda juga membantu merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala Anda.2. Gunakan shampo khusus kulit kepala sensitif/rambut rusak atau non-kondisionerRambut berhijab cenderung berminyak dan lembap. Menggunakan shampo ringan khusus kulit kepala sensitif akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala Anda dan mencegah ketombe hadir, yang dapat memicu rambut rontok. Juga, ingat untuk tidak menggunakan shampo dan kondisioner setiap hari. Adalah lebih baik jika Anda menggunakannya berselang hari.3. Masker rambut adalah sahabat AndaCoba untuk deep-moisturise rambut Anda dengan minyak rambut bervitamin seminggu sekali. Oleskan masker rambut kaya vitamin dua-tiga kali seminggu. Krim, vitamin, dan beberapa pijatan lembut akan membantu rambut Anda tumbuh lebih baik. Atau untuk leboh mudah, anda dapat melakukan hair spa di salon muslimah.4. Biarkan rambut sepenuhnya kering sebelum memakai jilbabKondisi rambut dan kulit kepala yang lembab cenderung menimbulkan ketombe. Jadi sebaiknya keringkan sebelum pakai jilbab. Bila perlu menggunakan hair dryer, sebaiknya setel dg suhu terendah #bersambung #dailytips #tipsrambutsehat #alhigam #tipsharian
Bismillaah,
The most awaited Dress set syar'i PRINCESSA dress X QUEENY khimar
.
Dress cantik dengan layer berlapis dibagian rok bikin tampilan bak princess syar'i. Dipasangkan dengan
Queeny khimar bertabur Crystal, diamond, & flower embroidery yg mewah namun tetap santun dan elegant. Cocok digunakan utk moment2 special
.
↪Fabric:
Pretty Queen. Bahan ini sangat menggemaskan, kalau diraba sangat lembut dan goyor , tekstur seratnya padat, ketebalan pas dan tidak terawang. Empuk dan jatuhnya enak banget membalut kulit.
.
↪SIZE CHART Dress:
Perhatikan Size Chart sebelum membeli
Lingkar dada/Panjang baju (Ld/Pb)
XXS: +- 94 130 cm
XS: +- 96/135 cm
S: +- 98/138 cm
M: +- 100/140 cm
L: +- 104/142 cm
XL: +- 110/142 cm
.
↪Size Chart Khimar:
M -+ 85 100
L -+90 110
XL -+95 120
.
↪MOMS FEEDING FRIENDLY
Terdapat resleting didada yg sangat nyaman untuk ibu menyusui
.
↪WUDHU FRIENDLY
Manset tangan kancing satu .
↪Bentuk kerah bulat yok. Beraktifitas seharian dijamin leher ga akan protes karena tidak ada yg mengganjal sehingga sangat nyaman
.
↪Terdapat karet kecil di belakang pinggang berfungsi untuk menyesuaikan lingkar badan
.
↪Ready in 9 Best colors:
Deep Forest
Sheer purple
Black
Cool grey
Willow blue
Dusty purple
Powder blue
Sand stone
Milky
.
↪Jahitan rapi berstandar Boutique, dilengkapi Luxury pouch yg multifunction
.
↪Best Price -Princessa Dress: 349.000
-Queeny khimar Crystal on ped: M 185k, L 190k, Xl 195k
-Queeny khimar flower Embroidery: M 185k, L 190k, Xl 195k
-Queeny khimar Diamond Tear Drop: M 200k, L 205k, Xl 210k
. 📩NOTE:
Bisa dibeli Terpisah, Dress saja atau khimar saja
.
Size bisa kurang/lebih beberapa cm karna proses jahit
.
Kemiripan warna 95% , hal ini dipengaruhi oleh lighting, hasil bidikan kamera, dan resolusi pada layar gadget ukhti masing2
.
ORDER SEKARANG jangan sampai KEHABISAN!!
.
Wa: 0817170813
.
#kaisyadress #khimarkaisya #kaisyakhimar #dresset #princessadress #alhigam #princessaset #queenykhimar #houseofkaisya
Bismillaah, The most awaited Dress set syar'i PRINCESSA dress X QUEENY khimar . Dress cantik dengan layer berlapis dibagian rok bikin tampilan bak princess syar'i. Dipasangkan dengan Queeny khimar bertabur Crystal, diamond, & flower embroidery yg mewah namun tetap santun dan elegant. Cocok digunakan utk moment2 special . ↪Fabric: Pretty Queen. Bahan ini sangat menggemaskan, kalau diraba sangat lembut dan goyor , tekstur seratnya padat, ketebalan pas dan tidak terawang. Empuk dan jatuhnya enak banget membalut kulit. . ↪SIZE CHART Dress: Perhatikan Size Chart sebelum membeli Lingkar dada/Panjang baju (Ld/Pb) XXS: +- 94 130 cm XS: +- 96/135 cm S: +- 98/138 cm M: +- 100/140 cm L: +- 104/142 cm XL: +- 110/142 cm . ↪Size Chart Khimar: M -+ 85 100 L -+90 110 XL -+95 120 . ↪MOMS FEEDING FRIENDLY Terdapat resleting didada yg sangat nyaman untuk ibu menyusui . ↪WUDHU FRIENDLY Manset tangan kancing satu . ↪Bentuk kerah bulat yok. Beraktifitas seharian dijamin leher ga akan protes karena tidak ada yg mengganjal sehingga sangat nyaman . ↪Terdapat karet kecil di belakang pinggang berfungsi untuk menyesuaikan lingkar badan . ↪Ready in 9 Best colors: Deep Forest Sheer purple Black Cool grey Willow blue Dusty purple Powder blue Sand stone Milky . ↪Jahitan rapi berstandar Boutique, dilengkapi Luxury pouch yg multifunction . ↪Best Price -Princessa Dress: 349.000 -Queeny khimar Crystal on ped: M 185k, L 190k, Xl 195k -Queeny khimar flower Embroidery: M 185k, L 190k, Xl 195k -Queeny khimar Diamond Tear Drop: M 200k, L 205k, Xl 210k . 📩NOTE: Bisa dibeli Terpisah, Dress saja atau khimar saja . Size bisa kurang/lebih beberapa cm karna proses jahit . Kemiripan warna 95% , hal ini dipengaruhi oleh lighting, hasil bidikan kamera, dan resolusi pada layar gadget ukhti masing2 . ORDER SEKARANG jangan sampai KEHABISAN!! . Wa: 0817170813 . #kaisyadress #khimarkaisya #kaisyakhimar #dresset #princessadress #alhigam #princessaset #queenykhimar #houseofkaisya

Leave a Reply